Tuesday, June 06, 2006

060606

Seorang teman pernah berkeinginan agar ia dapat melahirkan pada tanggal 6 Juni 2006 atau hari ini. Maksudnya supaya tanggal lahir si bayi unik karena kalau ditulis dalam angka, tanggal tersebut akan berbunyi ”06-06-06” atau cukup ”060606”. Sayangnya cita-cita teman saya itu tidak kesampaian karena ia harus melahirkan lebih awal demi kesehatan dirinya dan diri sang bayi.

Beberapa bulan yang lalu sempat juga terpikir, lucu juga ya kalau bisa menikah pada tanggal tersebut. Tapi kemungkinan besar bukan saya saja yang punya pikiran demikian. Tadi siang di televisi saya lihat ada pasangan yang memang merencanakan menikah hari ini. Cheers for them, kalau begitu.

Hanya saja keunikan ”060606” ini agak tercemar dengan hoax yang memberitakan bahwa menurut agama/kepercayaan tertentu, pada tanggal ini akan lahir anak setan. Gara-garanya angka 666 dipercaya sebagai perlambang setan. Saya tidak tahu berapa banyak yang mempercayai hal ini. Tapi di tengah dunia yang makin mengedepankan logika, hal-hal yang berbau superstisi dan di luar jangkauan akal masih saja digemari banyak orang, bahkan mereka yang mengaku dirinya atheis.

Dalam agama saya, memang diakui ada hal-hal yang tidak terjangkau oleh alam pikiran manusia karena Sang Pencipta tidak memberikan akses kepada kita untuk mengetahui langsung hal tersebut. Tapi jika kita kemudian terlalu mempercayai sesuatu yang kita tidak ada ilmunya untuk itu dan akhirnya malah mengganggu jalan hidup kita, apakah sesuatu itu perlu kita percaya?

Misalnya saja, ada teman yang langsung takut untuk ikut penerbangan maskapai tertentu karena Mama Lorenz (bagi Anda yang tidak tahu, beliau adalah seorang cenayang atau psychic kalau orang sono bilang) meramalkan pesawat maskapai tersebut termasuk dalam beberapa pesawat yang akan mengalami kecelakaan tahun ini. Buat saya, langsung percaya begitu saja bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Kita bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah pesawat-pesawat milik maskapai tersebut memiliki safety yang mencukupi.

Jika berdasarkan pencarian kita ternyata pesawat-pesawat tersebut memang laik terbang, tapi kenyataannya tetap terjadi kecelakaan, saya hanya meyakini bahwa hal itu bukan sesuatu yang bisa diprediksi jauh-jauh hari sebelumnya, tapi memang sudah seharusnya terjadi karena kehendak-Nya. Live the fact. Toh kita semua pada akhirnya akan mati.

4 comments:

ruthy said...

aku mah nggak percaya sama yang begitu2an....
palm reading kek, psychic, tukang ramal....nggak deh...

Indry said...

hai... bener2 jarang update yah hihihihihi... btw, tgl 6 dah lewat.. ramalan si mama gimana? lewat juga kan? hehehhee

metty said...

ruthy: kita sama dong kalau gitu. tp kadang2 kalau terlalu sering dengar, lama2 terpengaruh juga. misalnya kalau tahu2 bersin, suka kepikiran, "jangan2 ada yg lg ngomonging aku nih, skrg." kalau gitu, termasuk percaya gak ya?

indry: belum lewat. soalnya ramalannya mama lorenz itu buat tahun 2006 ini, bu...

Anonymous said...

klian aja yang mikirnya duniawi terus gak tau itu masa depan, orang yang hatinya udah jernih itu masa depan itu kayak baca buku, karena hatinya kayak cermin, kalau hati kalian masih kotor ya coba bersihin, kalau gak ya tanya aja ama orang yang udah lumanyan punya hati yang bersih, ama monyet kek, soalnya monyet aja tau gunugn mau meletus makanya pada turun gunung..coba aja semua nabi juga bisa meramal.... makanya kalian itu jangan asal deh kalau omong.... ntar kuwalat loh....