Friday, April 27, 2007

Dari JiFFest ke Festival Film Perancis ke...



Kepindahan saya ke tempat kerja baru tahun lalu memang membawa beberapa keuntungan. Jujurnya, keuntungan yang saya maksud bukan dalam hitungan moneter, melainkan lebih bersifat kualitatif. Seperti Anda dapat lihat dari aktivitas blogging saya, beda bukan, jika Anda bandingkan frekuensi antara sebelum tahun 2006 dengan setelahnya? Maklum, kalau di tempat kerja sebelumnya saya harus banyak wira-wiri, di tempat kerja sekarang saya ibarat paku yang tertanam di kursi saya - hanya tembok dan layar komputer saja pemandangan yang saya nikmati.

Efek positif lainnya adalah saya jadi bisa menyempatkan diri untuk menghadiri berbagai acara (baca: kesenangan) yang diselenggarakan lepas jam kantor. Dulu hal itu sulit untuk dilakukan karena begitu banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan hingga jauh tengah malam, bahkan hingga hari berganti. Selain itu, rapat di kantor saya dulu banyak diadakan setelah Maghrib. Memang sih, di tempat kerja saya yang sekarang ini kadang-kadang saya perlu juga tinggal di kantor sampai malam karena tuntutan pekerjaan. Tapi ini bisa dibilang tak sering terjadi. Karena itulah, saya sangat bersyukur bisa "terdampar" di kantor saya sekarang ini.

Nikmat waktu yang tersedia dengan cukup melimpah tersebut berusaha saya manfaatkan dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan melakukan kunjungan seni ke berbagai festival film (maksud saya, menonton). Petualangan seni saya dimulai sejak penyelenggaraan Jakarta Film Festival alias JiFFest 2006 yang diadakan Desember lalu. Kendati tak banyak film yang bisa saya tonton (budget constraint, uhuk) di ajang tahunan itu, paling tidak jumlah film yang berhasil saya tonton lebih banyak dibandingkan JiFFest sebelumnya dan semuanya saya suka.

Festival film yang terakhir saya kunjungi adalah Festival Sinema Perancis (baca: Once upon a time...). Untuk festival film yang ini, pilihan film yang tersedia menurut saya tak banyak. Dari empat film yang saya tonton, satu film saya beri peringkat "Memuaskan", dua lagi "Lumayan", dan satu sisanya "Bikin saya buang-buang uang saja!".

Sebenarnya peningkatan kegiatan menonton film ini tak terbatas pada film-film yang ditayangkan di festival-festival film. Gara-gara kantor saya letaknya satu kompleks dengan sebuah bioskop jaringan 21, tak dapat dielakkan saya jadi lebih sering menonton film. Di rumah, aktivitas ekstrakurikuler ini juga mendapat dukungan sejak hadirnya perangkat DVD player awal tahun ini. Dapat dikatakan, sejak paruh akhir tahun 2006, saya seperti sedang mengikuti parade film, karena banyaknya film yang saya tonton.

Dalam hal menikmati tontotan film yang belakangan menurut saya sedang bagus-bagusnya, saya sih merasa sangat tidak keberatan. Tapi ya itu tadi, ekstrakurikuler ini berat di kantong! Mana mulai bulan depan akan ada parade film-film hollywood keluaran musim panas yang sepertinya oke-oke. Coba lihat daftarnya berikut ini:

MEI 2007:
SPIDER-MAN III (Action. Tobey Maguire, Topher Grace, Kirsten Dunst,Thomas Haden Church. Directed by Sam Raimi) - Columbia - 3 Mei
28 WEEKS LATER (Horror. Jeremy Renner, Harold Perrineau) - Fox - 10 Mei
SHREK THE THIRD (Comedy/3D animation. Voice of Mike Myers, EddieMurphy, Cameron Diaz, dll.) -DreamWorks Animation - 11 Mei
PIRATES OF THE CARIBBEAN: AT WORLD'S END (Action. Johnny Depp, KeiraKnightley, Orlando Bloom. Directed by Gore Verbinski) - Disney - 25 Mei
DELTA FARCE (Comedy. Larry the Cable Guy) - 25 Mei

JUNI 2007:
OCEAN'S 13 (Drama/Heist/Action. George Clooney, Brad Pitt, Al Pacino,Matt Damon, dll. Directed by Steven Soderbergh) - Warner - 8 Juni
FANTASTIC FOUR: RISE OF SILVER SULFER (Action. Ioan Gruffurd, JessicaAlba, Chris Evans, Michael Chiklis, Julian Mc Mahon. Directed by TimStory) FOX - 15 Juni
EVAN ALMIGHTY (Comedy. Steve Carrell, Morgan Freeman. Directed by TomShadyac) - Universal - 22 Juni
DIE HARD 4.0: LIVE FREE OR DIE HARD (Action. Bruce Willis, JustinLong. Directed by Len Wiseman) - Fox - 29 Juni
RATATOUILLE (Comedy/3D animation) - Disney/Pixar - 29 Juni
NANCY DREW (Comedy/Action/Detective) Juni

JULI 2007:
THE TRANSFORMER (Action. Josh Duhamel, Jon Voight. Produced by StevenSpielberg. Directed by Michael Bay) - Paramount/DreamWorks - 4 Juli
LICENSE TO WED (Romantic/comedy. Mandy Moore) - 4 Juli
HARRY POTTER AND THE ORDER OF PHOENIX (Drama/Fantasy/Adventure/Action/Novel-related. Daniel Radcliffe, EmmaWatson, Rupert Grint) - Warner - 13 Juli
I KNOW PRONOUNCE YOU CHUCK AND LARRY (Comedy. Adam Sandler, KevinJames) - Universal - 20 Juli
THE SIMPSONS THE MOVIE (Comedy/2D animation. voice of DanCastanellata,Julie Kavner, etc. produced by Albert Brooks, Matt Groening. DirectedbyDavid Silverman) - Fox - 27 Juli

Tampaknya saya harus siap-siap menguras ATM lagi bulan Mei ini. Alamak, alamat krisis keuangan jilid 2 nih...



PS.
Btw, akhir April ini ada festival film lagi, i.e. Korean Movie Week di Blitz Megaplex. Lagak-lagaknya saya juga akan ke sana. Kita ketemu di sana?

3 comments:

Anonymous said...

whoaaa asiknya nonton film2 baru..ikutannnn :D..pa kabar metty..smoga slalu sehat yaa..btw skrsg kerja di mana met?

*)Iin

Anonymous said...

Wah senangnya bisa punya banyak flexi-time. Berarti saya akan sering baca update blognya nih!

Kumaha damang? - Met weekend yah.. :)

metty said...

*)Mbak Iin: haloo mbak iin!!! alhamdulillah, sehat, mbak. mdh2an begitu jg dg mbak sekeluarga.
skrg saya sdh lompat ke kantor konsultan lainnya, tp yg skrg udh konsen ke ekonomi dan keuangan.
btw thanks for dropping by, mbak iin. sering2 ya!!! ;)

domba garut!: euleuh, euleuh, look who's paying a visit to my blog! apa kabarnya kang?
well, berhubung baru pindah lokasi kantor, internet msh jd barang mahal di sini. mdh2an sih minggu ini udh dipasang.
thanks for visiting, kang!